Tautan-tautan Akses

Untuk Pertama Kalinya Qatar Sertakan Atlet Perempuan dalam Olimpiade London


Atlet tembak perempuan Tiongkok Yi Siling (tengah) memenangkan medali emas pertama olimpiade (28/7). Qatar mengirimkan atlet perempuan pertama yang mengikuti cabang olahraga menembak.

Atlet tembak perempuan Tiongkok Yi Siling (tengah) memenangkan medali emas pertama olimpiade (28/7). Qatar mengirimkan atlet perempuan pertama yang mengikuti cabang olahraga menembak.

Atlet perempuan, Bahai al-Hamad dari Qatar merobohkan batasan gender negaranya dengan berlaga di babak kualifikasi cabang senapan angin 10 meter.

Seorang atlet tembak menjadi atlet perempuan Qatar pertama yang ikut serta dalam ajang Olimpiade. Bahai al-Hamad merobohkan batasan gender negaranya dengan berlaga di babak kualifikasi cabang senapan angin 10 meter.

Sementara Bahai menjadi atlit perempuan pertama Qatar di OIimpiade, Hysen Pulaku dari Albania menjadi atlet pertama yang dikeluarkan dari Olimpiade 2012 akibat doping.

Atlet angkat besi itu didiskualifiasi setelah terbukti positif menggunakan zat terlarang itu. Mark Adams dari Komite Olimpiade Internasional merilis pernyataan mengenai diskualifikasi tersebut.

Ia mengatakan, “Terkait doping, menyedihkan jika seorang atlet tertangkap melakukan kecurangan. Saya harap tidak akan ada lagi atlet curang, tetapi pesan dari diskualifikasi tersebut adalah ini akan ketahuan. Kami akan melakukan lima ribu kali tes sepanjang Olimpiade dan semua peraih medali akan dites. Jadi tidak ada satupun yang bisa lolos.”

Lebih dari 10.000 atlet bertanding dalam 26 cabang olahraga di Olimpiade London, yang berlangsung selama 17 hari hingga 12 Agustus.

Hari pertama Olimpiade mempertandingkan 19 cabang olahraga, termasuk panahan, renang dan angkat besi. Olimpiade dibuka hari Jumat dalam acara selama tiga jam dan ditonton puluhan juta orang di Inggris.

Ribuan sukarelawan tampil dalam acara pembukaan, yang menghadirkan kilasan sejarah dan budaya Inggris seperti Revolusi Industri dan bahkan buku terkenal Harry Potter.
XS
SM
MD
LG