Tautan-tautan Akses

Unjuk Rasa Warnai Peringatan 3 Tahun Bencana Fukushima


Peringatan bencana nuklir Jepang

Peringatan bencana nuklir Jepang

Ribuan orang berunjuk rasa di sebuah taman di Tokyo, dan berbaris ke gedung parlemen untuk menuntut diakhirinya penggunaan energi nuklir, menjelang peringatan tiga tahun bencana nuklir Fukushima.

Ribuan orang berdemonstrasi di sebuah taman di Tokyo hari Minggu (9/3) dan berjalan menuju parlemen untuk menuntut diakhirinya program nuklir, menjelang peringatan tiga tahun bencana Fukushima.

Demonstrasi di Tokyo merupakan satu dari sejumlah demonstrasi yang direncanakan berlangsung di kota-kota di Jepang, dan ditujukan untuk memblokir langkah pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Pemerintah Jepang berencana mengoperasikan kembali beberapa dari 48 reaktor yang tidak bekerja, dan melanggar janji pemerintahan sebelumnya untuk mengurangi ketergantungan Jepang pada sumber daya nuklir.

Peringatan tahun ini menandai gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menghantam kawasan utara negara itu pada 11 Maret 2011. Tiga reaktor PLTN Fukushima mengalami kebocoran dan masih memuntahkan radiasi ke atmosfir dan laut.

Para teknisi mengatakan dibutuhkan sedikitnya 40 tahun untuk membongkar PLTN itu.
XS
SM
MD
LG