Tautan-tautan Akses

Jepang Tahan Bantuan Sampai Korea Utara Selesaikan Isu Penculikan


Menteri Jepang yang mengurus isu penculikan, Keiji Furuya.

Menteri Jepang yang mengurus isu penculikan, Keiji Furuya.

Pemerintah Jepang mengatakan, tidak akan memberi bantuan apapun kepada Korea Utara, sampai isu penculikan warga Jepang oleh Korea Utara diselesaikan.

Menteri Jepang yang mengurus isu penculikan, Keiji Furuya, mengatakan kepada VOA bahwa Korea Utara harus mengerti bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan Pyongyang sampai masalah dengan Jepang soal penculikan itu diselesaikan.

"Tidak satu yen pun akan dikirim ke Korea Utara kalau isu penculikan itu tidak diselesaikan,” kata Furuya.

Ia menambahkan bahwa ia akan berperan dalam semua perundingan dengan Korea Utara jika hal itu akan menghasilkan pemecahan masalah.

Awal pekan ini, pejabat Palang Merah Jepang dan Korea Utara mengadakan pembicaraan tidak resmi di China. Para pejabat mengatakan, pembicaraan itu berpusat pada kemungkinan mengembalikan kerangka warga Jepang yang tewas di Korea Utara pada akhir Perang Dunia II.

Jika kedua pihak setuju memperluas pembicaraan bilateral seperti yang terakhir diadakan 2012, mereka akan memasukkan pembicaraan isu penculikan itu.

Jepang marah atas penculikan yang dilakukan oleh Korea Utara terhadap paling sedikit 13 warganya pada 1970-an dan 1980-an. Lima diantaranya telah dipulangkan ke Jepang dan Korea Utara mengatakan, sisanya sudah meninggal.
XS
SM
MD
LG