Tautan-tautan Akses

China Tidak Akan Beri Konsesi dalam Sengketa Teritorial


Menlu China Wang Yi (Foto: dok).

Menlu China Wang Yi (Foto: dok).

China telah menggunakan pasukan penjaga pantainya untuk memperkuat klaim atas seluruh wilayah Laut Cina Selatan dan kelompok pulau-pulau yang terdapat di kawasan itu.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi hari Sabtu (8/3), mengatakan China tidak akan pernah memberikan konsesi teritorial dalam sengketa dengan negara-negara tetangganya, dan hubungan baik dengan Amerika akan tergantung dari apakah Amerika menghormati klaim-klaim kedaulatan China.

Ini dikatakan Wang Yi dalam wawancara persnya yang pertama sejak menjabat satu tahun lalu. Ia menyinggung sengketa teritorial dengan Jepang, Filipina dan beberapa negara lain di asia tenggara yang telah mempertajam ketegangan di kawasan Asia-Pasifik.

China telah menggunakan pasukan penjaga pantainya untuk memperkuat klaim atas seluruh Laut Cina Selatan dan kelompok pulau-pulau yang terdapat di kawasan itu, dan telah berulang kali terlibat konfrontasi dengan kapal-kapal patroli jepang di dekat pulau-pulau di laut Cina Timur yang dikuasai Jepang tapi diklaim oleh China.
XS
SM
MD
LG