Tautan-tautan Akses

Uni Eropa: Ekonomi Eurozone akan Berkontraksi Tahun Ini


Komisaris Ekonomi Eropa Olli Rehn mendesak pengurangan defisit agar resesi zona euro dapat berlangsung relatif pendek.

Komisaris Ekonomi Eropa Olli Rehn mendesak pengurangan defisit agar resesi zona euro dapat berlangsung relatif pendek.

Hari Kamis, Uni Eropa memperkirakan ekonomi negara-negara pengguna euro itu akan jatuh hingga 0.3 persen tahun ini.

Uni Eropa mengatakan ke-17 negara blok yang menggunakan mata uang euro akan mengalami resesi ringan tahun ini. Uni Eropa bulan November memproyeksi bahwa ekonomi zona euro akan tumbuh 1,5 persen pada tahun 2012.

Namun pada hari Kamis, Uni Eropa memperkirakan ekonomi negara-negara pengguna euro itu akan jatuh hingga 0.3 persen tahun ini, meskipun ada sejumlah tanda-tanda stabilisasi ekonomi baru-baru ini.

Proyeksi zona euro membandingkan pada perkiraan pertumbuhan ekonomi global sebesar 4,3 persen pada tahun 2012 dan proyeksi ekspansi lebih dari 2 persen di Amerika – negara dengan ekonomi tertinggi di dunia.

Krisis utang pemerintahan negara-negara Eropa – khususnya Yunani – terus membebani ekonomi benua itu. Uni Eropa mengatakan ekonomi Yunani – di mana resesi berlangsung lima tahun berturut-turut – akan anjlok 4,4 persen tahun ini. Sebagai tambahan Uni Eropa memperkirakan ekonomi di Portugal, Belgia, Spanyol, Italia, Siprus, Belanda dan Slovenia juga akan berkontraksi.

Tetapi Komisaris Ekonomi Eropa Olli Rehn mengatakan resesi zona euro dapat berlangsung relatif pendek dan ringan jika masing-masing negara terus mengurangi defisit pengeluaran dan memperkuat dana talangan benua itu untuk menghadapi kondisi darurat pada masa depan.

XS
SM
MD
LG