Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui 4 Milyar Dolar Lagi Pemotongan Anggaran


PM Yunani Lucas Papademos (kanan) dan Menkeu Yunani Evangelos Venizelos mengajukan rancangan pengurangan besar-besaran anggaran pensiun Yunani.

PM Yunani Lucas Papademos (kanan) dan Menkeu Yunani Evangelos Venizelos mengajukan rancangan pengurangan besar-besaran anggaran pensiun Yunani.

Rancangan yang disetujui parlemen Yunani hari Selasa itu mencakup pemotongan besar anggaran pensiun bagi pegawai negeri.

Parlemen Yunani Selasa malam menyetujui 4 milyar dolar lagi pemotongan anggaran, sebagaimana dituntut oleh Uni Eropa supaya Yunani dapat memperoleh pinjaman pertolongan ekonomi atau dana talangan yang baru.

Rancangan hari Selasa itu mencakup pemotongan besar pensiun pegawai negeri – bagian dari paket luas pemotongan anggaran dan reformasi ekonomi lainnya.

Menteri Keuangan Evangelos Venizelos menyebut pemotongan pensiun itu tindakan dramatis. Tetapi, ia mengatakan parlemen harus dengan segera menyetujui seluruh paket pemotongan sebelum rapat menteri keuangan zona Euro hari Kamis. Ia mengatakan Yunani harus menunjukkan kredibilitasnya kepada para menteri zona Euro.

Ratusan orang polisi dan pemadam kebakaran memrotes pemotongan pensiun itu di tengah ibukota Athena hari Selasa, dengan mengatakan mereka tidak dapat menerima pengorbanan keuangan lagi.

Sebagian dari pemrotes membakar bendera yang bergambar swastika atau lambang Nazi Jerman. Banyak warga Yunani menyalahkan Jerman, ekonomi terbesar di Eropa, atas tuntutan Uni Eropa akan pemotongan tajam anggaran.

Para menteri zona Euro pekan lalu menyetujui 172 milyar dolar dana talangan baru bagi Yunani – paket pertolongannya yang kedua dalam dua tahun. Para kreditor swasta juga setuju memotong hutang Yunani kepada mereka, yang menghapuskan 142 milyar dolar utang negara itu.

Tetapi, paket pertolongan tersebut dan penghapusan sebagian utang mengharuskan Yunani mengambil langkah drastis seperti pemotongan tajam upah minimum dan penghapusan ribuan pekerjaan pegawai negeri.

XS
SM
MD
LG