Tautan-tautan Akses

Wapres Tiongkok Janjikan Dukungan untuk Euro


Wapres Tiongkok Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan PM Irlandia Enda Kenny di Dublin (20/2).

Wapres Tiongkok Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan PM Irlandia Enda Kenny di Dublin (20/2).

Wapres Tiongkok Xi Jinping mengatakan mendukung stabilitas euro dan eurozone dalam pembicaraan dengan PM Irlandia Enda Kenny Minggu malam.

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping, pada hari kedua lawatannya ke Irlandia, menyatakan komitmen Tiongkok untuk Eropa, dan mengulangi pernyataan bahwa Beijing sedang mempertimbangkan investasi lebih banyak untuk menstabilkan mata uang euro.

Dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny hari Minggu malam, Xi mengatakan Tiongkok mendukung stabilitas euro dan eurozone.

Kenny mengatakan Irlandia akan bersedia membangun hubungan yang lebih erat dengan Tiongkok, dan mengharapkan lebih banyak kerjasama dalam bidang perdagangan, investasi, pendidikan, pertanian dan pariwisata.

Juga hari Minggu, Menteri Keuangan Jepang Jun Azumi bertemu di Beijing dengan Wakil Perdana Menteri Wang Qishan untuk membahas kerjasama keuangan bilateral dan mengkoordinasi sikap mereka terhadap bantuan bagi Eropa untuk membantu menangani krisis utang.

Kedua pihak setuju untuk bersama-sama merespon permintaan pendanaan dari Dana Moneter Internasional, yang sedang mempertimbangkan pendanaan hingga lebih dari dua kali lipat untuk membantu negara-negara menanggulangi krisis eurozone.

XS
SM
MD
LG