Tautan-tautan Akses

Uni Afrika, ECOWAS Bergabung untuk Atasi Kekerasan di Senegal


Mantan presiden Nigeria Olusegun Obasanjo akan memimpin misi gabungan Uni Afrika dan ECOWAS ke Senegal.

Mantan presiden Nigeria Olusegun Obasanjo akan memimpin misi gabungan Uni Afrika dan ECOWAS ke Senegal.

Tim gabungan Uni Afrika dan ECOWAS akan berusaha menghentikan kekerasan di Senegal menjelang pemilu presiden hari Minggu.

Uni Afrika dan Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat akan mengirim tim gabungan untuk berusaha menghentikan kekerasan di Senegal menjelang pemilu presiden hari Minggu mendatang.

Mantan presiden Nigeria Olusegun Obasanjo akan memimpin misi itu. Direktur komunikasi ECOWAS Sonny Ugoh mengatakan kepada VOA, meski terjadi bentrokan mematikan antara demonstran dan pasukan keamanan, situasinya bisa diselesaikan melalui dialog.

Para pejabat mengatakan satu orang tewas hari Minggu di kota Kaolack setelah demonstran bentrok dengan polisi terkait pencalonan Presiden Abdoulaye Wade untuk masa jabatan ketiga.

Pihak oposisi, yang dipimpin gerakan M23, mengatakan Presiden Wade tidak memenuhi syarat untuk terpilih lagi karena ada batasan dua masa jabatan presiden menurut konstitusi. Tetapi bulan lalu Mahkamah Agung Senegal memutuskan batasan itu tidak bisa diberlakukan atas Wade karena ia sudah menjabat ketika hal itu disahkan.

Setidaknya enam orang telah tewas dalam sejumlah bentrokan jalanan sejak demonstrasi mulai menyusul keputusan MA.

Jurubicara tim kampanye Wade mengatakan presiden itu yakin akan memenangkan pemilu hari Minggu.

XS
SM
MD
LG