Tautan-tautan Akses

Demo Anti-Presiden Senegal Bentrok dengan Aparat, Satu Tewas


Protes anti pemerintah di pusat kota Dakar, Senegal (18/2).

Protes anti pemerintah di pusat kota Dakar, Senegal (18/2).

Seorang pengunjuk rasa anti presiden Abdoulaye Wade tewas dalam bentrokan di kota Kaolack, Senegal.

Sedikitnya satu orang tewas di Senegal ketika demonstran bentrok dengan polisi. Para demonstran ini memprotes upaya Presiden Abdoulaye Wade untuk memperoleh masa jabatan ke-3 dalam pemilu yang akan diselenggarakan seminggu lagi.

Para pejabat mengatakan seorang pemuda tewas hari Minggu di kota Kaolack, kira-kira 180 kilometer sebelah tenggara ibukota, Dakar. Di ibukota, demonstran menghambat beberapa jalan di tengah kota dan melempari polisi dengan batu, yang membalas dengan gar air mata dan peluru karet. Menurut laporan, beberapa orang cedera.

Oposisi, yang dipimpin oleh Gerakan M23, mengatakan Wade tidak memenuhi syarat untuk terpilih kembali karena batas dua masa jabatan presiden yang ditetapkan dalam undang-undang dasar. Tetapi, mahkamah agung Senegal bulan lalu memutuskan batas itu tidak berlaku bagi Wade karena ia sudah memangku jabatan ketika undang-undang itu mulai berlaku.

Paling sedikit enam orang telah meninggal dunia dalam bentrokan di jalan-jalan sejak protes mulai setelah keputusan pengadilan dikeluarkan.

XS
SM
MD
LG