Tautan-tautan Akses

Senegal Panggil Duta Besar AS Setelah Kecam Presiden


Presiden Senegal Abdoulaye Wade (Foto: dok).

Presiden Senegal Abdoulaye Wade (Foto: dok).

Senegal memanggil duta besar Amerika ke Dakar hari Selasa, setelah media setempat mempublikasikan kecamannya terhadap upaya Presiden Abdoulaye Wade untuk terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga.

Duta Besar Lewis Lukens mengatakan kepada wartawan setempat bahwa Presiden Wade telah membahayakan pemilu dan mengancam keamanan negara itu dengan bersikeras untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga dalam pemilu presiden tanggal 26 Februari.

Departemen Luar Negeri Amerika juga telah mendesak Wade untuk memungkinkan kekuasaan beralih ke generasi berikutnya, yang menimbulkan keluhan mengenai campur tangan asing oleh pemerintahan Wade.

Aksi-aksi protes dengan kekerasan terjadi di negara itu bulan lalu setelah sebuah pengadilan memberi dukungan kepada Wade untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga, meskipun dengan adanya batasan dua masa jabatan.

Wade mengatakan pembatasan itu tidak berlaku baginya karena undang-undang mengenai hal itu mulai berlaku setelah dia terpilih pertama kali tahun 2000.

XS
SM
MD
LG