Tautan-tautan Akses

Ukraina Mulai Menggarap Pemerintah Persatuan Nasional


Warga berduka di lokasi tewasnya demonstran anti-Yanukovich di Kyiv.

Warga berduka di lokasi tewasnya demonstran anti-Yanukovich di Kyiv.

Keberadaan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych yang terguling masih belum jelas Minggu, satu hari setelah ia meninggalkan Kyiv dan pemimpin oposisi Yulia Tymoshenko dibebaskan dari penjara.

Penjaga perbatasan mengatakan pesawat yang dimaksudkan untuk menerbangkan Yanukovych ke tujuan yang tidak diketahui Sabtu tidak diberi ijin untuk lepas landas.

Pemimpin partai oposisi Vitali Klitschko mengatakan Minggu pemimpin terguling itu harus bertanggung jawab penuh atas kekerasan yang menelan korban jiwa baru-baru ini di Ukraina.

Dia berbicara kepada wartawan sementara massa masih berada di Kyiv yang telah menjadi pusat protes maut itu. Kerumunan tersebut tampaknya menunggu kabar selanjutnya.

Sementara itu, parlemen Ukraina Minggu mengadakan sidang khusus dalam upaya untuk mulai membentuk pemerintah persatuan nasional yang baru.

Parlemen Ukraina hari Sabtu memutuskan untuk memberhentikan Presiden Yanukovych dan menetapkan pemilihan dini pada tanggal 25 Mei.

Parlemen juga memilih ketua baru, Oleksandr Turchynov, sekutu lama Tymoshenko. Dia sementara ini mengambil alih tanggungjawab presiden. Mantan ketua parlemen dan pendukung pemerintah Volodymyr Rybak mengundurkan diri.

Rakyat Ukraina menyambut pemimpin oposisi yang baru dibebaskan dan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko sebagai pahlawan kepada ketika ia berbicara kepada pengunjuk rasa di Kyiv Sabtu, dan mendesak mereka untuk melanjutkan demonstrasi.
XS
SM
MD
LG