Tautan-tautan Akses

Ukraina Hadapi Aksi Protes Oposisi dan Aktivis Pro-Pemerintah


Para aktivis pro-Uni Eropa terlihat berada di sekitar patung "The Archangel Michael" dalam aksi protes di lapangan Kemerdekaan di Kiev, Ukraina (14/12).

Para aktivis pro-Uni Eropa terlihat berada di sekitar patung "The Archangel Michael" dalam aksi protes di lapangan Kemerdekaan di Kiev, Ukraina (14/12).

Para pemimpin oposisi Ukraina menyerukan protes besar-besaran hari Minggu (15/12), sementara pendukung Presiden Viktor Yanukovych juga merencakan unjuk rasa tandingan di lokasi yang hanya berjarak satu kilometer dari lokasi demonstran anti-pemerintah.

Para anggota oposisi Ukraina mengadakan pembicaraan langsung dengan Presiden Yanukovych hari Jumat (13/12) untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga minggu demonstrasi anti-pemerintah.

Tetapi para pemimpin oposisi yang keluar dari pertemuan itu, yang termasuk wakil-wakil politik dan masyarakat lainnya, mengatakan presiden gagal memenuhi tuntutan mereka.

Ketua Partai Udar, Vitaly Klitschko dan pemimpin oposisi utama lainnya di antaranya menyerukan pembebasan para demonstran yang ditahan.

Presiden Yanukovych telah mengusulkan amnesti bagi mereka yang ditangkap dalam demonstrasi itu. Tapi itu tidak cukup bagi pihak oposisi yang menuntut Yanukovych mundur dan pemerintah dibubarkan.

Senator terkemuka Amerika John McCain, dari Partai Republik, dan Chris Murphy, dari Partai Demokrat yang mengetuai subkomite Eropa di Senat, akan mengunjungi Ukraina hari Minggu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintah, oposisi dan para pemimpin masyarakat madani.
XS
SM
MD
LG