Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Siap Bantu Ukraina Dapatkan Pinjaman IMF


Komisaris Perluasan Uni Eropa Stefan Fuele, di Brussels Kamis (12/12), mengatakan Uni Eropa akan membantu pemerintah Kiev menegosiasikan pinjaman penting dari IMF (foto: dok).

Komisaris Perluasan Uni Eropa Stefan Fuele, di Brussels Kamis (12/12), mengatakan Uni Eropa akan membantu pemerintah Kiev menegosiasikan pinjaman penting dari IMF (foto: dok).

Uni Eropa mengatakan siap untuk memberikan bantuan keuangan bagi Ukraina, jika mereka setuju untuk menandatangani perjanjian kerjasama perdagangan.

Utusan penting Uni Eropa mengatakan blok perdagangan dengan 28 negara anggota itu siap untuk memberikan bantuan keuangan bagi Ukraina, jika Kiev setuju untuk menandatangani perjanjian kerjasama perdagangan dengan blok itu yang ditolaknya bulan lalu.

Komisaris Perluasan Uni Eropa Stefan Fuele, yang hari Kamis (12/12) berbicara di Brussels, mengatakan bantuan Uni Eropa akan termasuk membantu pemerintah Kiev yang kekurangan uang menegosiasikan pinjaman penting dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Fuele tidak memberikan rincian atau jadwal bagi bantuan itu. Tetapi telah secara luas dilaporkan bahwa Kiev membutuhkan lebih dari $20 miliar untuk memenuhi kewajiban-kewajiban luar negeri dalam waktu dekat ini, termasuk pembayaran gas alam kepada Moskow. Perdana Menteri Ukraina Mykola Azarov hari Rabu memberikan angka $27,5 miliar.

Fuele dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton bertemu dengan delegasi kunci Ukraina sementara demonstrasi terus berlanjut di Kiev menentang keputusan Presiden Viktor Yanukovych membatalkan kesepakatan dengan Uni Eropa, demi mempererat hubungan ekonomi dengan Rusia.

Kamis malam , pengunjuk rasa di pusat kota Kiev dilaporkan telah mulai membangun kembali barikade yang sebelumnya dibongkar oleh polisi.
XS
SM
MD
LG