Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina dan Oposisi Adakan Pembicaraan


Wakil politisi, pemerintah, pemimpin agama dan opposisi mengadakan perundingan untuk pertama kalinya sejak pecahnya bentrokan di Kiev, Ukraina, 13/12/2013.

Wakil politisi, pemerintah, pemimpin agama dan opposisi mengadakan perundingan untuk pertama kalinya sejak pecahnya bentrokan di Kiev, Ukraina, 13/12/2013.

Oposisi Ukraina hari Jumat mengadakan pembicaraan langsung dengan Presiden Viktor Yanukovych untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga minggu protes massa anti-pemerintah.

Pertemuan antara kedua pihak untuk pertama kalinya itu diakhiri dengan keluarnya para pemimpin oposisi dari pertemuan itu, yang mencakup para wakil politik dan masyarakat madani lain, dengan mengatakan presiden gagal memenuhi tuntutan mereka.

Tuntutan oposisi antara lain, ketua Udar, atau partai "Punch," - Vitaly Klitschko - dan ketua-ketua partai oposisi utama Ukraina lainnya menuntut pembebasan demonstran yang dipenjara.

Presiden Ukraina mengusulkan amnesti bagi mereka yang ditangkap dalam demonstrasi itu. Tetapi itu tidak cukup bagi pihak oposisi, yang menuntut Yanukovych dan pemerintah mundur.

Demonstrasi berkobar setelah pemimpin Ukraina itu memutuskan tidak menandatangani pakta perdagangan dengan Uni Eropa yang lama ditunggu-tunggu supaya tidak kehilangan hubungan perdagangan dengan Rusia. Polisi Ukraina menanggapi dengan tindakan keras.

Oposisi menyerukan demonstrasi massal baru hari Minggu. Pendukung Yanukovych juga merencanakan unjuk rasa.

Sementara ketegangan berlanjut, badan HAM PBB hari Jumat meminta semua pihak yang terlibat agar "menahan diri."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG