Tautan-tautan Akses

Trump dan Clinton Berharap Menangi Pemilihan Pendahuluan New York


Kandidat calon presiden Partai Demokrat, Hillary Clinton (kiri), dan kandidat capres Partai Republik Donald Trump.

Kandidat calon presiden Partai Demokrat, Hillary Clinton (kiri), dan kandidat capres Partai Republik Donald Trump.

Kemenangan mereka akan semakin memperbesar harapan mereka untuk memenangkan nominasi partai masing-masing.

Kedua kandidat calon presiden AS terdepan, Hillary Clinton dari Partai Demokrat, dan Donald Trump dari Republik, berharap akan meraih kemenangan dalam pemilihan pendahuluan New York besok.

Jajak pendapat memperlihatkan Clinton dan Trump merupakan favorit untuk menang, dan kemenangan mereka akan semakin memperbesar harapan mereka untuk memenangkan nominasi partai masing-masing.

Kampanye Trump menegaskan dia akan mampu meraih ke 1.237 delegasi yang perlu untuk mengklaim nominasi Partai Republik pada konvensi partai di Cleveland Juli mendatang.

Sementara itu pesaing Trump, Ted Cruz, tidak berharap banyak di New York, dan dia harus menunggu sampai pemilihan pendahuluan di Indiana pada 3 Mei untuk memperlambat laju kemajuan pengusaha dan milyarder itu.

Dalam persaingan di Partai Demokrat, Hillary Clinton juga berharap menang telak atas Bernie Sanders. Sanders belakangan meraih kemenangan di beberapa negara bagian, dan Clinton perlu berjaya di New York guna mempertegas statusnya sebagai memimpin dalam persaingan ini.

Sanders istirahat sebentar dari kegiatan kampanye pada Jumat lalu, dan berbicara di sebuah konferensi di Vatikan tentang ketidaksetaraan ekonomi, sebuah tema inti kampanyenya. Dia juga bertemu secara privat dengan Paus Fransiskus. [jm]

XS
SM
MD
LG