Tautan-tautan Akses

AS

'Traveller AR', Game Populer di Kalangan Pengguna iPhone dan iPad

  • Greg Flakus

IPad dan iPhone merupakan perangkat utama untuk memainkan game Traveller AR.

IPad dan iPhone merupakan perangkat utama untuk memainkan game Traveller AR.

Banyak pengguna iPhone dan iPad kecanduan bermain game Traveller AR.

Jutaan orang kecanduan bermain games di telepon genggam, dengan lawan dan kawan seregu yang tersebar di seluruh dunia. Sebuah perusahaan di Austin, Texas, mengembangkan games sejenis itu, yang dikenal dengan nama mobile multiplayer online game, untuk Apple iPhone dan iPad, yang didasarkan pada permainan Traveller yang terkenal dalam dekade 1970-an.

Pesawat antariksa itu ada dalam dunia nyata dalam ukuran besar, tetapi kita bisa melihatnya di iPhone.

Tony dan Kieran Howlett bersaudara, yang ketika kecil biasa bermain Traveller gaya lama, mengembangkan versi permainan itu di online di perusahaan mereka di Austin, IngZ. Inc., dengan nama Traveller AR.

Tony mengatakan, mereka memodifikasi permainan itu bagi para pemain online.

“Kami menciptakan misi-misi antariksa, kami punya apa yang disebut sistem misi,” ujar Tony.

Don Ballew, seorang pemain Traveller AR dari Fort Gibson, Oklahoma, sudah bermain dalam banyak misi antariksa. Ia mengatakan, “Kalau kita bosan, kita tinggal keluarkan iPad dan memilih di mana kita mau mulai bermain, tidak masalah kita ada di mana.”

Ballew adalah penggemar berat Traveller AR dan mengatakan jarang kesulitan mencari anggota kelompok seregunya.

Walaupun permainan itu bisa dimainkan dalam bentuk damai, para pemain bisa mendapati pesawat mereka hancur dalam sebuah pertempuran.

“Itu adalah bagian permainan yang menegangkan, kita tidak pernah tahu kita akan menghadapi masalah apa,” papar Ballew.

Tidak masalah, kata Tony Howlett. Perusahaannya menjual asuransi pesawat antariksa.

“Jadi, jika pesawat meledak, tetapi Anda selamat, kami akan menggantinya dengan pesawat baru, tetapi tanpa pernak pernik yang Anda tambahkan pada pesawat yang meledak itu,” ujarnya.

Walaupun persentase pemain yang membeli pernak pernik tambahan sedikit, Kieran Howlett mengatakan keterkaitan dengan pelanggan besar Apple membuat penjualan pernak pernik game itu sangat menguntungkan.

Menciptakan dunia antariksa yang sesungguhnya dalam permainan Traveller AR merupakan usaha yang melibatkan sekitar 30 pemrogram komputer, serta seniman dan perancang piranti lunak komputer.

Tony Howlett mengatakan daya tarik utama permainan ini adalah kesempatan yang diberikan kepada para pemain untuk meninggalkan sementara waktu kehidupan sehari-hari mereka.

“Sehari-harinya mereka mungkin melakukan pekerjaan biasa, tetapi dalam permainan ini mereka berada dalam pesawat antariksa raksasa dan menjadi raja alam semesta,” tambahnya.

Traveller AR sekarang masih dalam tahap uji coba, tetapi sudah menjadi salah satu dari 20 games yang paling digemari di toko online Apple, dan Howlett bersaudara sekarang sedang membuat berbagai aplikasi lain yang diharapkan juga bisa sukses di internet.
XS
SM
MD
LG