Tautan-tautan Akses

Tokoh Internasional Desak Dimulainya Kembali Perundingan Damai Timur Tengah


Para tokoh senior internasional 'Kuartet Timur Tengah' saat melakukan pembicaraan di Munich, Jerman (5 Februari 2011).

Para tokoh senior internasional 'Kuartet Timur Tengah' saat melakukan pembicaraan di Munich, Jerman (5 Februari 2011).

Para diplomat senior internasional akan bertemu di Washington untuk membahas cara menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang macet.

Sekelompok diplomat senior internasional dijadwalkan bertemu hari Senin ini di Washington untuk membahas berbagai cara menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang macet antara Israel dan Palestina.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland hari Jumat menyatakan, kelompok yang dikenal sebagai Kuartet Timur Tengah itu, ingin menaksir sejauh mana proses itu sekarang ini dan merencanakan langkah maju.

Pembicaraan akan dipimpin Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton, Sekjen PBB Ban Ki-moon, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan kepala kebijakan Uni Eropa Catherine Ashton.

Nuland mengatakan kelompok ini ingin mengajak kedua pihak kembali ke meja perundingan menjelang rencana Palestina untuk mendapat pengakuan sebagai negara merdeka sewaktu Majelis Umum PBB bersidang pada bulan September.

Para pemimpin Palestina telah menyatakan akan mengupayakan pengakuan negara mereka berdasarkan perbatasan yang ditetapkan sebelum Perang Timur Tengah tahun 1967.

Israel telah mengecam prakarsa Palestina itu, seraya menyatakan hal tersebut akan menghancurkan berbagai upaya mencapai penyelesaian konflik Timur Tengah melalui perundingan.

XS
SM
MD
LG