Tautan-tautan Akses

Kapal Bantuan Perancis Berlayar Menuju Gaza


Kapal bantuan untuk Gaza berbendera Perancis, Palestina, dan Uni Eropa tampak berlabuh di pelabuhan Pireaus, dekat Athena, Yunani (4/7).

Kapal bantuan untuk Gaza berbendera Perancis, Palestina, dan Uni Eropa tampak berlabuh di pelabuhan Pireaus, dekat Athena, Yunani (4/7).

Kapal 'Dignite al Karama' berhasil menghindari pencegatan oleh pengawal pantai Yunani karena berangkat dari pelabuhan lain.

Para aktivis yang berusaha menerobos blokade angkatan laut Israel di Gaza mendapat keberhasilan pertama dalam beberapa hari ketika kapal pesiar kecil Perancis keluar dari perairan Yunani pada hari Selasa menuju pantai Palestina.

"Dignite al Karama" adalah satu-satunya kapal dari armada bantuan yang diorganisasi aktivis pro Palestina yang berhasil keluar dari pelabuhan Yunani dalam beberapa hari terakhir.

Yunani minggu lalu mengumumkan larangan bagi kapal yang menuju ke Gaza dan menangkap kapten kapal Amerika yang meninggalkan pelabuhan tanpa ijin akhir pekan lalu. Associated Press Selasa melaporkan bahwa pengadilan Yunani telah membebaskan warga Amerika itu.

Menurut para aktivis, kapal pesiar Perancis dengan panjang 9 meter itu membawa 8 penumpang dan diharapkan mendekati Gaza dalam beberapa hari.

Para penyelenggara menyatakan kapal itu menghindari pengawal pantai Yunani karena berangkat dari pelabuhan lain, bukan dari Piraeus, di mana banyak kapal bantuan untuk Gaza lainnya berlabuh.

XS
SM
MD
LG