Tautan-tautan Akses

Rumania Dukung Solusi Dua Negara untuk Konflik Israel-Palestina


PM Rumania Emil Boc menerima kunjungan PM Israel Benjamin Netanyahu di istana Victoria di Bukares, Rabu (6/7).

PM Rumania Emil Boc menerima kunjungan PM Israel Benjamin Netanyahu di istana Victoria di Bukares, Rabu (6/7).

Ini dikatakan PM Rumania Emil Boc kepada PM Israel Benjamin Netanyahu yang sedang berkunjung ke Bukares, hari Rabu.

Perdana Menteri Rumania Emil Boc mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang sedang berkunjung ke negaranya, bahwa Bukares menentang solusi sepihak konflik Israel-Palestina. Ia mengatakan, Rumania mendukung solusi dua negara yang dirundingkan untuk konflik Israel-Palestina, daripada langkah-langkah sepihak – sebuah sikap yang didukung Netanyahu.

Boc berbicara dalam sebuah konperensi pers bersama dengan Netanyahu di ibukota Rumania, Bukares. Netanyahu mengunjungi ibukota-ibukota negara-negara Eropa dalam beberapa pekan terakhir untuk mendesak pemimpin-pemimpin Eropa agar menentang rencana Palestina untuk mengusahakan keanggotaan PBB sebagai negara yang independen pada bulan September.

Pemerintah Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mengatakan, mereka berencana melamar keanggotaan penuh PBB karena Israel menolak untuk membekukan aktivitas pembangunan permukiman di lahan yang didudukinya di Tepi Barat. Abbas mengatakan, ia tidak akan memperbaharui pembicaraan perdamaian dengan Israel kecuali jika Israel menyepakati pembekuan itu.

Abbas juga telah mengunjungi sejumlah ibukota asing dalam beberapa bulan terakhir dalam usaha menggalang dukungan bagi negara Palestina yang mencakup Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur.

Netanyahu adalah PM Israel pertama yang mengunjungi Rumania dalam dua dekade terakhir. Ia memuji transisi negara anggota Uni Eropa itu ke demokrasi setelah menggulingkan kediktatoran pada 1989. Ia mengatakan Rumania bisa menjadi teladan bagi negara-negara Arab yang sedang mengalami pergolakan pro-demokrasi.

XS
SM
MD
LG