Tautan-tautan Akses

Tiongkok Umumkan Bantuan 82 Juta Dolar bagi Kawasan Tanduk Afrika


Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi (foto:dok)

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi (foto:dok)

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi mengatakan bahwa bantuan bernilai 82 juta dolar Tiongkok untuk Tanduk Afrika adalah alokasi bantuan gandum terbesar sejak berdirinya Tiongkok modern.

Tiongkok mengumumkan bantuan bernilai 82 juta dolar dalam bentuk gandum dan uang tunai untuk membantu kekeringan di kawasan Tanduk Afrika, Tiongkok mengatakan bantuan itu adalah jenis sumbangan terbesar sejak Partai Komunis merebut kekuasaan tahun 1949.

Kantor berita Xinhua mengatakan hari Minggu pengiriman bantuan pangan darurat pertama telah meninggalkan pelabuhanTianjin di Tiongkok tanggal 2 September.

Bantuan itu terlihat kecil dengan janji Bank Dunia untuk meningkatkan bantuannya ke wilayah yang dilanda kelaparan itu menjadi 1,88 milyar dolar, meningkat dari 500 juta dolar yang sebelumnya sudah dialokasikan. Amerika merupakan negara donor tunggal terbesar untuk wilayah itu dengan janji bantuan hampir 650 juta dolar.

Namun, Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi mengatakan hari Sabtu di New York bahwa bantuan bernilai 82 juta dolar Tiongkok itu adalah alokasi bantuan gandum terbesar sejak berdirinya Tiongkok modern.

XS
SM
MD
LG