Tautan-tautan Akses

Bantuan AS untuk Kekeringan di Tanduk Afrika Lampaui 600 Juta Dolar


Pengungsi perempuan dan anak-anak menunggu pembagian makanan di sebuah kamp di Mogadishu (25/8).

Pengungsi perempuan dan anak-anak menunggu pembagian makanan di sebuah kamp di Mogadishu (25/8).

USAID hari Kamis mengumumkan bantuan keseluruhan AS untuk kekeringan dan kelaparan di wilayah itu lebih dari 600 juta dolar.

Amerika mengatakan akan memberikan tambahan 23 juta dolar untuk mengatasi kekeringan di Tanduk Afrika, termasuk 10 juta dolar khusus untuk Somalia.

Badan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) mengumumkan bantuan itu Kamis. Dikatakan bantuan keseluruhan Amerika untuk kekeringan dan kelaparan sekarang lebih dari 600 juta dolar, jumlah terbesar yang diberikan oleh satu negara.

Secara terpisah, Prancis telah mengirimkan sekitar 400 ton makanan yang diharapkan tiba di Somalia dalam waktu sekitar 12 hari. Bantuan yang disediakan oleh berbagai perusahaan dan organisasi di Perancis itu termasuk tepung, gula, beras dan minyak, cukup untuk memberi makan lebih dari 22.000 orang selama satu bulan.

PBB mengatakan lebih dari 12 juta orang di seluruh Tanduk Afrika membutuhkan bantuan mendesak karena kekeringan. Badan dunia itu telah menyatakan terjadi kelaparan di lima wilayah Somalia.

Ratusan ribu warga Somalia telah meninggalkan rumah mereka dalam beberapa bulan belakangan untuk mencari makanan dan air.

Para ahli memperingatkan bahwa produksi pangan di Somalia selatan tetap paling rendah dalam sejarah, dan kondisi kelaparan di seluruh wilayah itu kemungkinan akan terus berlangsung dan menyebar.

XS
SM
MD
LG