Tautan-tautan Akses

AS, Tiongkok Ingatkan Eropa untuk Ambil Tindakan Atasi Krisis Utang


Gubernur Bank Sentral Tiongkok, Zhou Xiaochuan memberikan peringatan soal krisis utang Eropa dalam pertemuan IMF di Washington (24/9).

Gubernur Bank Sentral Tiongkok, Zhou Xiaochuan memberikan peringatan soal krisis utang Eropa dalam pertemuan IMF di Washington (24/9).

Menkeu AS dan gubernur bank sentral Tiongkok menyampaikan peringatan mereka dalam pidato dalam pertemuan IMF hari Sabtu.

Pejabat-pejabat teras finansial dari negara dengan ekonomi terbesar di dunia mendesak Eropa mengambil tindakan sekarang guna menghentikan krisis utang agar tidak sampai menggerogoti ekonomi global.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner dan gubernur bank sentral Tiongkok, Zhou Xiaochuan menyampaikan peringatan mereka dalam pidato-pidato di hadapan pemimpin-pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF) hari Sabtu.

Menkeu AS Geithner mengatakan utang pemerintah dan utang bank di Eropa berisiko besar bagi ekonomi dunia. Dia mengatakan, tanpa tindakan nyata dari pemerintah-pemerintah di Eropa dan Bank Sentral Eropa, ancaman dari apa yang dia sebut gagal bayar utang yang besar akan menggerogoti upaya pemulihan. Geithner juga mengatakan, mengatasi krisis akan menjadi lebih sulit jika pemimpin-pemimpin Eropa tak mau bertindak sampai krisisnya bertambah parah.

Sementara, Zhou Xiaochuan meminta agar krisis utang Eropa diselesaikan secepatnya. Zhou mengingatkan, IMF kemungkinan tak punya cukup uang untuk mengatasi permintaan bantuan yang terus meningkat.

Uni Eropa dan IMF telah memberi miliaran dolar untuk mencegah ekonomi Yunani dari kebangkrutan, dan pejabat-pejabat senior Jerman telah menyatakan keprihatinan bahwa Yunani mungkin tak bisa memenuhi beberapa upaya penghematan seperti yang dijanjikannya. Ada juga keprihatinan tentang kesehatan finansial dari negara-negara seperti Portugal dan Irlandia.

XS
SM
MD
LG