Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tawarkan Hadiah bagi Informasi soal Aksi Bakar Diri


Para biksu Budha di Tibet melakukan doa bersama bagi seorang warga yang tewas dalam aksi bakar diri (foto: dok).

Para biksu Budha di Tibet melakukan doa bersama bagi seorang warga yang tewas dalam aksi bakar diri (foto: dok).

Pejabat Tiongkok menjanjikan imbalan 30 ribu dolar bagi siapapun yang memberi informasi berharga mengenai aksi-aksi bakar diri di Tibet belakangan ini.

Pihak berwenang Tiongkok menawarkan imbalan uang dalam upaya mengakhiri protes-protes membakar diri oleh warga etnis Tibet.

Para pejabat di Prefektura Kanlho hari Rabu mengumumkan imbalan sekitar 8.000 dolar bagi siapapun yang memberitahu mengenai orang yang berencana membakar diri.

Pengumuman itu juga menjanjikan imbalan sekitar 30 ribu dolar bagi siapapun yang memberi informasi berharga mengenai aksi-aksi bakar diri belakangan ini.

Sedikitnya tiga warga Tibet membakar diri untuk memprotes pemerintah Tiongkok dan kebijakan-kebijakannya dalam lima hari belakangan. Enam warga Tibet tewas akibat aksi serupa bulan ini.

Tiongkok telah lama menuduh orang-orang Tibet di pengasingan melakukan aksi itu sebagai bagian dari perjuangan separatis, dan mencela mereka sebagai teroris.

Hari Rabu, jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei kembali menuduh Dalai Lama menyulut protes maut, seraya menyatakan protes tersebut tercela dan patut dikecam.
XS
SM
MD
LG