Tautan-tautan Akses

PM Tibet di Pengasingan Siap Dialog dengan Tiongkok


PM Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay (kiri) bersama Dalai Lama (foto: dok).

PM Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay (kiri) bersama Dalai Lama (foto: dok).

PM Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay memberitahu wartawan di New Delhi hari Jumat bahwa ia siap berdialog dan langkah berikutnya terserah pada Tiongkok.

Ketegangan yang meningkat, termasuk penindakan oleh Tiongkok sekarang ini terhadap pembangkangan, tidak akan mencegah pemerintahan Tibet di pengasingan untuk berunding dengan Beijing.

Perdana Menteri Lobsang Sangay memberitahu wartawan di New Delhi hari Jumat langkah berikutnya terserah pada Tiongkok.

"Kami siap untuk berdialog dengan pemerintah Tiongkok kapan saja, di mana saja, ini sikap kami. Tapi sebelum ada transisi tampuk pimpinan, kita tidak akan melihat tanda yang jelas tentang cara apa yang mereka ingin dalam pendekatan dengan Tibet," ujar Sangay.

Sangay mengatakan ia khawatir aksi protes dan bakar diri baru-baru ini hanya mendorong Tiongkok mengambil pendekatan lebih keras terhadap Tibet.

Ia menambahkan, "Sekarang mereka berpatroli di ruas-ruas jalan di kota, termasuk di desa. Tapi sayang sekali tekanan itu tampaknya yang ada dalam pikiran mereka, bukan mereformasi dan memulai sikap yang berorientasi liberal, malahan mereka mengambil tindakan yang lebih keras lagi."

Komentar PM Lobsang Sangay itu dikemukakan hanya sehari setelah kabar bahwa seorang lagi warga Tibet membakar diri untuk memprotes pemerintahan Tiongkok.
XS
SM
MD
LG