Tautan-tautan Akses

Tiongkok Bela Patroli di Senkaku


Pulau Senkaku (foto:dok) disebut oleh Tiongkok dengan nama Diaoyu.

Pulau Senkaku (foto:dok) disebut oleh Tiongkok dengan nama Diaoyu.

Tiongkok mengatakan perahu-perahu patroli tersebut melindungi para nelayannya dan mengatakan wilayah tersebut merupakan bagian integral Tiongkok sejak jaman dahulu.

Tiongkok membela tindakan dua perahu patrolinya masuk ke perairan yang disengketakan di dekat Jepang, dengan mengatakan perahu-perahu itu melindungi para nelayan Tiongkok.

Sebelumnya, Rabu, Jepang mengajukan protes resmi kepada Tiongkok setelah kedua perahu patroli Tiongkok masuk ke perairan yang dianggap Jepang sebagai wilayahnya di Laut Cina Timur dekat kepulauan yang disebut Jepang sebagai Senkaku dan disebut Tiongkok dengan nama Diayou. Administrasi atas Kepulauan itu ditangani Jepang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Rabu, mengatakan kedua perahu tersebut melakukan patroli rutin dan ia menegaskan lagi klaim Tiongkok atas kepulauan itu.

Media resmi Tiongkok mengutip juru bicara itu mengatakan Kepulauan itu adalah bagian integral Tiongkok sejak jaman kuno. Ditambahkan, Tiongkok telah menegaskan sikapnya itu kepada Jepang.

XS
SM
MD
LG