Tautan-tautan Akses

AS Khawatir Modernisasi Militer Tiongkok Dapat Goyahkan Asia Pasifik


Tiongkok tengah memodernisasi militernya, termasuk membangun kapal induknya yang pertama (27/7).

Tiongkok tengah memodernisasi militernya, termasuk membangun kapal induknya yang pertama (27/7).

Wakil Asisten Menteri Pertahanan Amerika Michael Schiffer mengatakan pembangunan militer Tiongkok dapat memicu salah pengertian dan salah perhitungan yang dapat mengakibatkan ketegangan kawasan.

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan Tiongkok akan mencapai sasarannya membangun militer moderen sebelum tahun 2020, usaha yang katanya dapat menggoyahkan kawasan Asia – Pasifik.

Dalam laporan penilaian tahunannya kepada Kongres, Rabu (24/8), Pentagon mengatakan Tiongkok dengan cepat memodernisasi peralatan militernya dan mencapai beberapa kemajuan dalam satu tahun ini. Laporan itu mengemukakan bahwa dalam tahun ini Tiongkok telah melakukan penerbangan percobaan pesawat tempur siluman baru, mengadakan percobaan pelayaran kapal induknya yang pertama dan melakukan perbaikan dalam teknologi satelit dan perang cyber.

Wakil Asisten Menteri Pertahanan Amerika Michael Schiffer mengatakan pembangunan militer Tiongkok dapat menimbulkan pengaruh yang menggoyahkan di kawasan itu. Pembangunan itu menurut Schiffer dapat memicu salah pengertian dan salah perhitungan dan dapat turut menyebabkan ketegangan dan kecemasan kawasan.

Laporan tersebut mengatakan para pemimpin Tiongkok terus bersiap-siap akan kemungkinan konflik dengan Taiwan, tetapi juga sekarang memandang peran yang lebih luas bagi militer Tiongkok. Pentagon menaksir bahwa Tiongkok menghabiskan lebih dari 160 milyar dolar bagi militernya dalam tahun 2010. Tiongkok mengatakan pembangunan militernya adalah untuk bela-diri dan menuduh pejabat Amerika berusaha menggambarkan pasukan bersenjata Tiongkok sebagai ancaman.

XS
SM
MD
LG