Tautan-tautan Akses

Skandal Doping, Tim Paralimpiade Rusia Dilarang di Rio


Sir Philip Craven, Presiden International Paralympic Committee atau IPC (kanan) saat berbicara di Moskow, Rusia (foto: dok).
Sir Philip Craven, Presiden International Paralympic Committee atau IPC (kanan) saat berbicara di Moskow, Rusia (foto: dok).

Komite Paralimpik Internasional mengecam keras program doping Rusia mengeluarkan larangan terhadap seluruh atlet Rusia dalam Paralimpiade 7-18 September di Brazil.

Seluruh tim Rusia dilarang mengikuti Paralimpiade September nanti, hukuman atas program doping sistematis negara itu yang melampaui larangan parsial yang diberlakukan terhadap atlet Rusia yang hendak bersaing dalam Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro.

The International Olympic Committee atau Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyetujui masuknya 271 atlet Rusia dalam Olimpiade Rio, sekitar 70 persen dari anggota tim negara itu.

Tetapi the International Paralympic Committee (IPC) - Komite Paralimpik Internasional mengecam keras program doping Rusia, termasuk Paralimpiade 2014 di Sochi, Rusia, dan mengeluarkan larangan terhadap seluruh atlet Rusia yang berharap bertanding dalam Paralimpiade 7-18 September, juga di Rio.

"Tragisnya situasi ini bukan tentang atlet yang mencurangi sistem tetapi tentang sistem negara yang mencurangi atlet-atlet," ujar Presiden IPC Philip Craven.

Paralimpiade, bagi atlet dengan berbagai cacat fisik, diharapkan bisa menarik lebih 4.300 peserta dari 160 negara untuk bersaing dalam 22 cabang olahraga. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG