Tautan-tautan Akses

Olimpiade Rio 2016 Dimulai Jumat Malam


Stadion Maracanã, lokasi upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil yang akan diselenggarakan Jumat (5/8) malam.

Stadion Maracanã, lokasi upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil yang akan diselenggarakan Jumat (5/8) malam.

Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro resmi dimulai Jumat (5/8) malam dengan upacara pembukaan di Stadion Maracanã, menandai pertama kalinya pesta olah raga ini diadakan di Amerika Selatan.

Liputan media menjelang pembukaan olimpiade ini telah didominasi oleh cerita negatif, antara lain tentang masalah air tercemar di kota tuan rumah, kekerasan di jalan-jalan dan skandal doping Rusia, namun penyelenggara berharap upacara pembukaan nanti dapat menunjukkan sisi Rio yang berbeda.

"Saya berharap upacara pembukaan akan menjadi obat untuk depresi di Brazil," kata Fernando Meirelles, salah satu direktur kreatif di balik acara pembukaan itu. "Orang Brazil dapat melihat itu dan berkata, 'kami adalah orang-orang yang keren, kami adalah kelompok etnis yang berbeda, kami hidup bersama, kami tidak pernah berperang, kami damai, kami tahu bagaimana menikmati hidup dan kami bahagia.'"

Meirelles adalah orang Brazil dan sutradara yang meraih nominasi Oscar lewat film City of God, yang menceritakan kisah hidup di kawasan kumuh yang berbahaya di Rio. Dia bekerja dengan anggaran sekitar $56 juta untuk memproduksi empat upacara pembukaan dan penutupan untuk Olimpiade dan Paralimpiade yang katanya adalah sekitar 20 kali lebih kecil dari anggaran untuk Olimpiade Beijing 2008.

Walaupun anggarannya jauh lebih kecil, Meirelles menjanjikan upacara yang spektakuler. [as]

XS
SM
MD
LG