Tautan-tautan Akses

AS

Teroris Buronan AS Ditangkap di Somalia


Selebaran FBI menunjukkan foto Liban Haji Mohamed, yang termasuk dalam daftar buronan.

Selebaran FBI menunjukkan foto Liban Haji Mohamed, yang termasuk dalam daftar buronan.

FBI mengatakan Mohamed kabarnya memberi dukungan kepada kelompok Islamis al-Shabab yang berbasis di Somalia serta al-Qaida.

Para pejabat di AS mengatakan seorang warga Amerika yang melarikan diri ebih dari dua tahun yang lalu dan yang baru-baru ini dimasukkan dalam daftar “Teroris yang Paling Dicari” FBI sekarang sudah ditahan di Somalia.

Para pejabat mengatakan Liban Haji Mohamed ditangkap baru-baru ini di Somalia. Tidak jelas bagaimana ia ditangkap atau apakah ia akan dikirim kembali ke Amerika Serikat.

FBI mengatakan bulan Januari mereka menambahkan nama Mohamed, yang warga Amerika kelahiran Somalia, ke dalam daftar orang yang dicari. FBI mengatakan Mohamed kabarnya memberi dukungan kepada kelompok Islamis al-Shabab yang berbasis di Somalia serta al-Qaida.

FBI mengatakan Mohamed juga penerima anggota baru dan diradikalisasi untuk al-Shabab, kelompok yang dinyatakan Amerika Serikat sebagai organisasi teroris.

Mohamed sebelumnya tinggal di Virginia utara dekat Washington dan bekerja sebagai sopir taksi. Para pejabat FBI mengatakan ia pasti mengetahui gedung-gedung pemerintah Amerika, bandara Washington dan jaringan kereta api bawah tanah daerah itu.

Mohamed meninggalkan Amerika tahun 2012. Washington Post melaporkan penegak hukum Amerika sudah berusaha melacak Mohamed sebelum ia melarikan diri dari Amerika.

FBI telah menawarkan hadiah $ 50 ribu untuk informasi yang menghasilkan penangkapan Mohamed dan dihukum.

XS
SM
MD
LG