Tautan-tautan Akses

Terima Presiden Vietnam, Obama Singgung soal HAM


Presiden AS Barack Obama (kanan) menyinggung soal hak asasi manusia (HAM) ketika menerima Presiden Vietnam Truong Tan Sang di Gedung Putih, Kamis (25/7).

Presiden AS Barack Obama (kanan) menyinggung soal hak asasi manusia (HAM) ketika menerima Presiden Vietnam Truong Tan Sang di Gedung Putih, Kamis (25/7).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia telah melangsungkan pembicaraan "sangat berterus terang" dengan Presiden Vietnam mengenai hak asasi manusia (HAM).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia telah melangsungkan pembicaraan "sangat berterus terang" dengan Presiden Vietnam mengenai hak asasi manusia (HAM) ketika ia menerima Truong Tan Sang di Gedung Putih.

Pertemuan hari Kamis itu membuat Sang mendapat kehormatan menjadi pemimpin Vietnam kedua yang berbicara dengan Presiden Amerika di Washington sejak bekas musuh perang itu memulihkan hubungan tahun 1995.

Sembari duduk di sisi Sang, Obama memberitahu wartawan, Washington percaya semua negara seharusnya menghormati kebebasan mengutarakan pendapat, agama dan berorganisasi. Sang mengatakan Vietnam dan Amerika masih beda pandangan mengenai isu HAM.

Sebagian anggota Kongres dan kelompok HAM Amerika menuduh pemerintah Vietnam mengintensifkan penindasan terhadap pembangkang politik dan tokoh agama dalam beberapa tahun ini serta gagal menghentikan praktek kerja paksa.

Mereka mendesak Presiden Obama agar membuat hubungan ekonomi yang lebih erat dengan Vietnam dengan syarat adanya kemajuan pada HAM dan hak buruh di negara itu.

Sekitar 500 aktivis HAM memprotes pertemuan Obama-Sang di Lafayette Park yang berdekatan dengan Gedung Putih ketika pembicaraan itu sedang berlangsung.
XS
SM
MD
LG