Tautan-tautan Akses

Tentara Pembangkang Kuasai Kementerian Penerangan Eritrea


Kantor Kementerian Penerangan Eritrea di ibukota Asmara direbut oleh tentara pemberontak hari Senin 21/1 (foto: dok).

Kantor Kementerian Penerangan Eritrea di ibukota Asmara direbut oleh tentara pemberontak hari Senin 21/1 (foto: dok).

Sejumlah tentara pembangkang telah merebut Kementerian Penerangan Eritrea di ibukota Asmara hari Senin (21/1).

Tentara pembangkang yang dilaporkan berjumlah sekitar 100 orang itu melakukan aksi mereka hari Senin. Menurut laporan dari kota Asmara, tentara pembangkang itu memaksa penyiar televisi nasional untuk membacakan pernyataan yang menuntut dibebaskannya tahanan-tahanan politik.

Kedutaan Inggris di Asmara menyebut adanya gerakan-gerakan militer yang tidak biasa di dan di sekitar ibukota. Stasiun-stasiun radio dan televisi lokal tampaknya telah dipaksa tutup. Tank-tank masih diparkir di luar gedung kementerian, tapi tidak jelas apakah tank-tank itu milik pasukan pembangkang atau milik pemerintah.

Pemerintah Eritrea yang dikuasai oleh presiden Isaias Afeworki sejak negeri itu mendapat kemerdekaan dari Ethiopia tahun 1993, tidak mau memberi komentar tentang apa yang terjadi dan para pejabat juga tidak mau berbicara dengan VOA lewat telepon.

Sejak presiden Isaias Afewerki berkuasa, pemerintah menggunakan tangan besi, tidak mengizinkan adanya perbedaan pendapat, dan tidak mengizinkan adanya pers yang independen. Pemerintah juga dilaporkan telah memenjarakan ribuan tahanan politik, termasuk wartawan dan para pejabat yang mempertanyakan kebijaksanaan Presiden.
XS
SM
MD
LG