Tautan-tautan Akses

Pemantau Imbau PBB Tidak Cabut Sanksi atas Eritrea


Peta wilayah Eritrea dan sekitarnya (Foto: ilustrasi).

Peta wilayah Eritrea dan sekitarnya (Foto: ilustrasi).

Pimpinan kelompok pemantau PBB untuk Somalia dan Eritrea mengatakan terlalu dini untuk mencabut sanksi PBB terhadap Eritrea.

Walaupun ada laporan yang memberi indikasi pemerintah di Asmara tidak lagi membantu dengan giat pemberontak al-Shabab Somalia, pimpinan kelompok pemantau PBB untuk Somalia dan Eritrea menilai terlalu dini untuk mencabut sanksi PBB terhadap Eritrea,.

Koordinator PBB Matt Bryden berbicara kepada VOA hari Selasa (17/7) bahwa sekalipun kita telah melihat suatu perbaikan, tetapi itu belum cukup dan menurutnya masih terlalu dini untuk mencabut sanksi tersebut atas Eritrea.

Dewan Keamanan PBB mengenakan embargo senjata terhadap Eritrea dan Somalia tahun 2009 karena keprihatinan bahwa para pejabat menyediakan bantuan keuangan dan senjata kepada pemberontak al-Shabab yang berkaitan dengan al-Qaida. Eritrea telah berkali-kali membantah tuduhan itu.

Imbauan Bryden untuk PBB dikeluarkan hanya beberapa jam setelah duta Eritrea di PBB mengatakan sanksi yang sedang berlaku seharusnya dicabut. Duta tersebut mengemukakan alasan laporan PBB yang sedang ditunggu yang mengatakan penyelidik mendapati tidak ada bukti bantuan Eritrea pada kelompok-kelompok bersenjata di Somalia dalam satu tahun ini.

Laporan PBB mengungkapkan pengurangan bantuan dari Eritrea disebabkan oleh pemantauan internasional yang diperketat dan kegagalan al-Shabab di medan tempur.
XS
SM
MD
LG