Tautan-tautan Akses

Tentara Koalisi Hampir Selesai Tumpas Jaringan Taliban di Kandahar


Asap tampak mengepul dari gedung pemerintah di Kandahar akibat bentrokan Taliban dan koalisi (8/5).

Asap tampak mengepul dari gedung pemerintah di Kandahar akibat bentrokan Taliban dan koalisi (8/5).

Hampir semua gedung pemerintah yang direbut oleh Taliban sehari sebelumnya telah direbut kembali, tapi jalan-jalan di Kandahar masih sepi.

Pejabat Afghanistan mengatakan tentara pemerintah yang dibantu pasukan NATO hampir berhasil menumpas sebuah sel pejuang Taliban yang melancarkan serangan atas sejumlah kantor pemerintah di Kandahar hari Sabtu.

Suara tembakan terdengar hari Minggu di Kandahar ketika tentara Afghanistan baku tembak dengan pemberontak yang bersembunyi di sebuah gedung dekat markas besar badan intellijen Afghanistan.

Kata pejabat, hampir semua gedung pemerintah yang direbut oleh Taliban sehari sebelumnya telah direbut kembali, tapi jalan-jalan di Kandahar masih sepi.

Serangan Taliban itu dimulai dengan serangan atas kantor gubernur Kandahar, kantor polisi dan kantor dinas intelijen pemerintah. Ini adalah operasi terbesar yang dilancarkan Taliban sejak mereka mengumumkan dimulainya serangan musim semi bulan lalu.

Pejabat Afghanistan mengatakan sedikitnya 20 pejuang Taliban tewas dalam serangan itu, termasuk delapan orang penyerang bunuh diri. Empat orang sipil dan petugas keamanan tewas. Kebanyakan penyerang adalah orang-orang yang melarikan diri dari penjara Sarposa akhir bulan lalu lewat sebuah terowongan.

XS
SM
MD
LG