Tautan-tautan Akses

Utusan AS: Afghanistan, Pakistan Sepakat Pembunuhan Bin Laden ‘Pencapaian Bersama’


Dari kiri: utusan AS Marc Grossman, Wakil Menlu Afghanistan Jaweed Ludin, dan Menlu Pakistan Salman Bashir dalam konferensi pers bersama di Islamabad (3/5).

Dari kiri: utusan AS Marc Grossman, Wakil Menlu Afghanistan Jaweed Ludin, dan Menlu Pakistan Salman Bashir dalam konferensi pers bersama di Islamabad (3/5).

Marc Grossman mengeluarkan komentar itu hari Selasa di Islamabad setelah pertemuan bersama dengan Menlu Pakistan dan wakil Menlu Afghanistan.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan mengatakan kedua negara sepakat dengan Amerika bahwa tewasnya pemimpin al-Qaida Osama bin Laden adalah “hasil bersama” tiga negara.

Marc Grossman mengeluarkan komentar hari Selasa di ibukota Pakistan, Islamabad setelah pertemuan bersama dengan menteri luar negeri Pakistan dan wakil menteri luar negeri Afghanistan.

Grossman mengatakan ketiga negara yakin kematian bin Laden adalah “hasil bersama” karena mereka bertekad untuk mengakhiri kekerasan teroris. Ia mengatakan pemimpin al-Qaida itu adalah musuh Amerika, Afghanistan dan Pakistan yang melakukan “aksi –aksi pembunuhan terhadap warga sipil” dan “dengan kekerasan mengganggu pemerintah-pemerintah demokratis di kawasan itu”.

Pasukan khusus Amerika membunuh bin laden dalam penyerbuan di markasnya di kota Abbottabad. Pakistan hari Senin, mengakhiri perburuan hampir selama satu dekade terhadap otak teroris itu. Amerika mengatakan tidak memberitahu Pakistan sebelumnya mengenai penyerbuan itu yang menunjukkan kurangnya kepercayaan antara kedua pemerintah. Hubungan antara keduanya tegang dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Pakistan Salman Bashir mengatakan “siapa yang bertindak” dalam penyerbuan hari Senin “bukan masalah”. Ia mengatakan masalah bin Laden adalah “masa lalu” dan Pakistan menyambut babak baru hubungan dengan Amerika dan Afghanistan.

Bashir mengatakan Pakistan terlibat dalam “kerjasama erat” dalam perang melawan teroris dan “berkorban besar” pada perang itu. Ia mengatakan pemerintah Pakistan tidak akan membiarkan teroris menggunakan wilayahnya.

XS
SM
MD
LG