Tautan-tautan Akses

Afghanistan: Pakistan Sudah Tahu Keberadaan Bin Laden Sebelum Operasi


Jurubicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Zahir Azimi. (foto: dok)

Jurubicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Zahir Azimi. (foto: dok)

Kementerian Pertahanan Afghanistan berkeyakinan tempat persembunyian Osama bin Laden mudah diketahui oleh intelijen Pakistan.

Seorang pejabat Afghanistan mengatakan, badan intelijen Pakistan pasti mengetahui bahwa pemimpin Al-Qaida, Osama bin Laden, bersembunyi di sebuah rumah yang dekat dengan akademi militer Pakistan sebelum pasukan khusus Amerika membunuhnya dalam operasi penyerbuan baru-baru ini.

Berbicara pada konperensi pers, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Zahir Azimi mengatakan lokasi rumah tersebut di kota Abbottabad di mana militer berpangkalan, seharusnya dapat menjamin bahwa pihak berwenang Pakistan mengetahui siapa yang tinggal di sana.

Azimi mengatakan tempat persembunyian bin Laden mudah diketahui tidak hanya oleh badan intelelijen yang kuat seperti ISI di Pakistan, tapi juga oleh pemerintah yang sangat lemah dengan dinas intelijen yang lemah. Ia mengatakan ISI menghadapi banyak pertanyaan yang membutuhkan jawaban.

Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani mengatakan kemampuan bin Laden untuk hidup tanpa terlacak di rumah tersebut selama bertahun-tahun merupakan kegagalan intelijen seluruh dunia, bukan hanya Pakistan. Gilani mengeluarkan pernyataan tersebut, Rabu, dalam kunjungannya ke Paris.

Para pejabat Amerika juga telah meminta penjelasan mengenai bagaimana pemimpin Al-Qaida itu dapat tinggal di sebuah kompleks mewah di Abbottabad tanpa sepengetahuan pihak berwenang Pakistan atau bantuan dari jaringan pendudukung di dalam negeri Pakistan.

XS
SM
MD
LG