Tautan-tautan Akses

Ketua DPR AS Tegaskan Tak akan Maju sebagai Capres


Ketua DPR AS Paul Ryan memberikan keterangan kepada media di gedung Capitol, Washington DC, Selasa (12/4).

Ketua DPR AS Paul Ryan memberikan keterangan kepada media di gedung Capitol, Washington DC, Selasa (12/4).

Ketua DPR AS Paul Ryan membantah bahwa ia bekerja di balik layar untuk “mencuri” pencalonan Partai republik dari Donald Trump atau Ted Cruz.

Ketua DPR Amerika dari Partai Republik Paul Ryan hari Selasa (12/4) mengambil langkah tidak biasanya dengan mengadakan konferensi pers di ruangan yang penuh wartawan dan kamera untuk mengumumkan bahwa ia tidak akan melakukan apapun untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika.

Berbicara pada markas Komite Nasional Partai Republik di Capitol Hill , Ryan mengatakan spekulasi bahwa ia bisa muncul sebagai calon dalam konvensi Partai Republik yang diperkirakan bakal berlangsung panas bahkan membuntutinya sampai ketika ia melawat ke Timur Tengah baru-baru ini. Ryan mengatakan sudah waktunya menghentikan spekulasi itu selama-lamanya. “Saya jelaskan, saya tidak ingin dan tidak akan menerima pencalonan Partai Republik” kata Ryan. Sebagai lebih menguatkan lagi ia mengatakan “jangan perhitungkan saya”.

Ryan mengatakan ia percaya bahwa orang yang menjadi calon Partai Republik seharusnya seseorang yang memang mencalonkan diri untuk itu dan ia memilih untuk tidak mencalonkan diri, jadi ia seharusnya tidak perlu diperhitungkan. Ia mengatakan akan terus berbicara karena ada perdebatan mengenai arah yang harus diambil negara. Ryan mengatakan yakin Partai Republik bisa kembali menjadi partai yang optimistis dan memajukan masyarakat yang terpinggirkan dan mencari penyelesaian konservatif bagi kemiskinan.

Spekulasi bahwa Ryan diam-diam menunggu saat untuk menjadi seorang “penyelamat” pada konvensi nanti bermula ketika Partai Republik terang-terangan menyatakan tidak senang dengan kontestan unggulan Donald Trump atau Senator Ted Cruz yang berada di tempat kedua. Gubernur Ohio John Kasich masih ikut bersaing namun jauh tertinggal dalam perolehan suara delegasi.

Dalam wawancara sebelumnya Selasa Ryan tertawa ketika ditanya apakah ia bekerja di balik layar untuk “mencuri” pencalonan Partai republik dari Donald Trump atau Ted Cruz. [my/al]

XS
SM
MD
LG