Tautan-tautan Akses

Swedia Benarkan Surat Perintah Penangkapan Assange


Pendiri WikiLeaks Julian Assange (Foto: dok).

Pendiri WikiLeaks Julian Assange (Foto: dok).

Julian Assange telah berulang kali membantah tuduhan bahwa ia memperkosa seorang perempuan pada tahun 2010 dan telah beberapa kali berusaha agar kasus itu dicabut.

Sebuah pengadilan banding Swedia telah membenarkan surat perintah penangkapan untuk pendiri WikiLeaks Julian Assange atas tuduhan pemerkosaan. Keputusan pengadilan itu melapangkan jalan untuk menginterogasi Assange di London bulan depan.

Assange telah berulang kali membantah tuduhan bahwa ia memperkosa seorang perempuan pada tahun 2010 dan telah beberapa kali berusaha agar kasus itu dicabut.

Pengadilan Banding Swedia mengatakan Jumat "memiliki penilaian yang sama dengan Pengadilan Distrik bahwa Julian Assange masih dicurigai melakukan pemerkosaan."

Assange selama ini tinggal di kedutaan Ekuador di London setelah negara itu memberinya suaka politik pada tahun 2012.

Dia mengaku takut bepergian ke Swedia karena menurutnya pemerintah Swedia akan mengekstradisi dia ke Amerika Serikat untuk kemungkinan diadili atas tuduhan spionase atas perannya dalam membeberkan dokumen rahasia pemerintah.

Dia sebelumnya telah menawarkan interogasi di dalam kedutaan, tapi sampai saat ini jaksa Swedia menolak tawaran itu. Jaksa Ekuador dijadwalkan menanyai pria Australia berusia 45 tahun itu di kedutaan Ekuador di London pada 17 Oktober. [as/ab]

XS
SM
MD
LG