Tautan-tautan Akses

Panel PBB: Julian Assange Ditahan Sewenang-wenang Sejak 2012


Sebuah mobil olisi menunggu di depan Kedutaan Ekuador di Pusat Kota London, Inggris (5/2).

Sebuah mobil olisi menunggu di depan Kedutaan Ekuador di Pusat Kota London, Inggris (5/2).

Pendiri WikiLeaks Julian Assange mengatakan ia berencana meninggalkan kedutaan Ekuador di London di mana ia telah berlindung selama hampir empat tahun, namun polisi Inggris mengatakan mereka tetap berkewajiban untuk menangkapnya.

Sebuah panel PBB memutuskan bahwa pendiri WikiLeaks Julian Assange telah ditahan sewenang-wenang sejak 2012. Assange mengatakan ia berencana meninggalkan kedutaan Ekuador di London di mana ia telah berlindung selama hampir empat tahun, namun polisi Inggris mengatakan mereka tetap berkewajiban untuk menangkapnya. Assange dicari Swedia karena tuduhan perkosaan yang ia sangkal.

Kelompok Kerja PBB untuk Penahanan Sewenang-wenang mengeluarkan pernyataan Jumat pagi yang mengemukakan "berbagai bentuk perampasan kebebasan yang dialami Julian Assange merupakan bentuk penahanan sewenang-wenang." Panel ahli independen itu menyerukan agar dia segera dibebaskan dan diberi kompensasi.

Tapi putusan panel PBB itu tidak mengikat secara hukum. Mengingat perjanjian ekstradisi dengan Swedia, Inggris menyatakan akan menangkap Assange jika dia meninggalkan kedutaan Ekuador. Swedia mengatakan pihaknya berencana untuk melanjutkan penyelidikan atas dirinya. [as]

XS
SM
MD
LG