Tautan-tautan Akses

Seoul: 13 Warga Korea Utara Membelot Dari Restoran Asing


Peta wilayah Korea.

Peta wilayah Korea.

Korea Selatan mengatakan 13 warga Korea Utara membelot ke tetangga selatan mereka setelah bekerja di sebuah restoran di negara asing.

Seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Seoul, Jeong Joon-hee, mengatakan pekerja restoran di luar negeri telah membelot sebelumnya, tapi belum pernah beberapa pekerja dari restoran yang sama.

Dia mengatakan kelompok, yang terdiri dari satu lelaki dan 12 perempuan itu, tiba di Korea Selatan hari Jumat. Dia tidak menyebut negara tempat mereka bekerja.

Korea Utara biasanya menuduh Korea Selatan meyakinkan warga Korea Utara untuk membelot.

Sebelumnya Jumat, Korea Utara melontarkan kata-kata yang menyerang Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dalam menanggapi partisipasinya dalam KTT nuklir pekan lalu di Washington.

Seorang juru bicara Pyongyang untuk Komite Reunifikasi Damai Korea mengatakan Park adalah "wanita jahat yang tiada tara" yang telah "meningkatkan bahaya perang" di Semenanjung Korea.

Pemerintah Korea Selatan menanggapi dengan tajam dan memperingatkan Korea Utara agar jangan "memfitnah" pemimpinnya, kata Park Soo-jin, wakil juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan. [as/uh]

XS
SM
MD
LG