Tautan-tautan Akses

1.000 Tahanan Penjara Melarikan Diri di Libya


Libya dilanda protes besar-besaran menentang partai-partai politik di seluruh negara itu (foto: dok).

Libya dilanda protes besar-besaran menentang partai-partai politik di seluruh negara itu (foto: dok).

Tidak jelas apakah penjebolan penjara hari Sabtu (27/7) di penjara al-Kuifiya, di kota Benghazi terkait dengan protes-protes besar-besaran menentang partai-partai politik di Libya.

Lebih dari 1000 tahanan melarikan diri dari sebuah penjara di Benghazi. Pendobrakan besar-besaran ini terjadi sementara pemrotes menyerang kantor partai-partai politik di seluruh Libya.

Tidak jelas apakah penjebolan penjara Sabtu di penjara al-Kuifiya terkait dengan protes-protes itu atau apakah tahanan memperoleh bantuan dari luar.

Dalam konferensi pers, Perdana Menteri Ali Zidan menuduh penjebolan itu dibantu oleh orang-orang yang tinggal disekitar penjara dan mereka tidak ingin ada penjara di daerah mereka tinggal.

Sementara itu ribuan warga Libya melakukan protes menentang partai-partai di Tripoli dan Benghazi, termasuk Ikhwanul Muslimin, yang mereka tuduh melakukan gelombang kekerasan di negara itu.

Beberapa pemrotes menyerang kantor pusat partai politik yang berafiliasi dengan Ikhwanul dan partai Islamis lain di Tripoli serta menghancurkan peralatan kantor itu. Saksi mengatakan demonstran juga menyerang kantor Ikhwanul di Benghazi.
XS
SM
MD
LG