Tautan-tautan Akses

Serangan NATO di Afghanistan Tewaskan Anak-anak


Dua buah helikopter NATO jenis 'Chinook' terbang di atas Afghanistan. Tembakan helikopter NATO di provinsi Helmand diduga mengenai sebuah mobil sipil, Jumat (25/3).
Dua buah helikopter NATO jenis 'Chinook' terbang di atas Afghanistan. Tembakan helikopter NATO di provinsi Helmand diduga mengenai sebuah mobil sipil, Jumat (25/3).

Pejabat provinsi Helmand mengatakan serangan NATO mengenai sebuah mobil sipil dan menewaskan 7 orang, termasuk 3 anak-anak.

Pejabat-pejabat di provinsi Helmand, Afghanistan Selatan mengatakan, serangan NATO terhadap tersangka anggota-anggota Taliban juga mengenai sebuah mobil sipil dan menewaskan tujuh orang, termasuk tiga anak-anak.

NATO telah mengakui terdapat korban-korban sipil dalam kejadian itu, dan telah menjanjikan penyelidikan penuh, namun laporan hari Sabtu yang mengutip gubernur provinsi Helmand merupakan keterangan rinci pertama tentang kejadian hari Jumat itu.

Sebuah helikopter yang diterbangkan pilot NATO menembak sebuah kendaraan yang menurut kantor gubernur provinsi Helmand membawa pemberontak. Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan ledakan itu “mengenai mobil lain yang ditumpangi warga sipil yang tengah bepergian dan akibatnya dua laki-laki, dua perempuan dan tiga anak-anak tewas.” Seorang laki-laki, seorang perempuan dan tiga anak kabarnya selamat dalam ledakan besar itu.

Gubernur Helman, Mohamad Gulab Mangal mengutuk serangan yang membahayakan warga sipil itu. NATO mengirim sebuah tim penyelidik ke tempat kejadian.

Kematian warga sipil telah membuat hubungan Amerika-Afghanistan menegang. Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, korban sipil tak bisa diterima, dan dia telah memanggil komandan-komandan NATO dan Amerika guna menuntut agar kejadian-kejadian seperti itu dihentikan.

Di tempat lain di Afghanistan selatan, seorang tentara NATO tewas dalam serangan pemberontak hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG