Tautan-tautan Akses

Senat Italia Siap Keluarkan Mantan PM dari Parlemen


Mantan PM Silvio Berlusconi akan dikeluarkan keanggotaannya dari parlemen Italia karena kasus penipuan pajak (foto: dok).

Mantan PM Silvio Berlusconi akan dikeluarkan keanggotaannya dari parlemen Italia karena kasus penipuan pajak (foto: dok).

Komisi Senat Italia memutuskan mengeluarkan mantan perdana menteri Silvio Berlusconi dari parlemen karena percaya ia melakukan penipuan pajak.

Komisi Senat Italia memutuskan mengeluarkan mantan perdana menteri Silvio Berlusconi dari parlemen karena percaya ia melakukan penipuan pajak. Sidang lengkap Senat untuk melakukan pemungutan suara diperkirakan dilakukan akhir bulan ini.

Pemungutan suara 15 banding 8 untuk mengeluarkan Berlusconi, usia 77 tahun, yang telah mendominasi politik Italia selama 20 tahun, dilakukan hari Jumat oleh komisi senator lintas partai yang didominasi lawan-lawan politik Berlusconi. Pendukung taipan media itu juga merupakan minoritas di Senat penuh.

Agustus lalu, Mahkamah Agung Italia menolak banding kedua dan terakhir Berlusconi atas putusan penggelapan pajak, menjadikannya putusan pasti pertama terhadap Berlusconi setelah bertahun-tahun menantang hukum. Pengadilan di Milan akan membuat putusan bulan ini apakah ia harus dihukum penjara satu tahun dalam tahanan rumah atau melaksanakan layanan masyarakat.

Undang-undang Italia melarang orang-orang yang dinyatakan bersalah memegang jabatan publik. Tetapi pendukung Berlusconi bersikeras undang-undang itu seharusnya tidak berlaku dalam kasus ini, karena pelanggaran terjadi sebelum undang-undang itu disahkan.

Berlusconi, dalam upaya memengaruhi politik, pekan lalu mengancam menarik menteri-menterinya dari koalisi Perdana Menteri Enrico Letta, dalam upaya memaksa pemilu yang dipercepat. Tetapi sinyal dukungan yang berkurang membuat para menteri menolak keras dan Berlusconi dipaksa mendukung Letta di parlemen.
XS
SM
MD
LG