Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Tolak Rancangan Anggaran 2013


Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok).

Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok).

Senat Amerika menolak dengan suara bulat rencana anggaran belanja negara tahun 2013.

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, Senat Amerika menolak lima rencana anggaran belanja negara untuk tahun 2013, termasuk satu rencana anggaran yang mirip dengan rencana anggaran yang diajukan oleh Presiden Barack Obama.

Para anggota Senat dengan suara bulat menolak rencana tersebut yang diajukan oleh anggota partai Republik dan didasarkan pada anggaran yang diajukan presiden, dengan suara 99 lawan nol.

Partai Demokrat Obama menyebut pemungutan suara itu tindakan politik, dan mengatakan rencana anggaran itu tidak perlu karena kesepakatan tahun lalu untuk menaikkan batas hutang memuat pembatasan pengeluaran negara.

Majelis Senat juga menolak empat gagasan anggaran lain yang diajukan para anggota partai Republik.

Pemungutan suara diadakan setelah perdebatan satu hari, dimana para Senator dari kedua partai saling menuduh tidak bertanggung jawab dalam pengeluaran pemerintah dan pemotongan defisit.

Rencana anggaran golongan Republik itu dimaksudkan untuk menonjolkan fakta bahwa mayoritas anggota partai Demokrat belum mengajukan rencana anggaran mereka sendiri.

Beberapa anggota partai Demokrat telah mengecam partai mereka atas kegagalan untuk membuat anggaran. Tetapi, lainnya mengemukakan argumentasi bahwa persetujuan batas-hutang tahun lalu, undang-undang yang disebut 'Budget Control Act' menghapus perlunya resolusi anggaran yang terpisah.

Karena pemilihan presiden yang akan diadakan bulan November, tekanan sedang meningkat terhadap para anggota Kongres dan pemerintahan Obama untuk mengekang defisit anggaran triliunan dolar yang melumpuhkan dan mengurangi hutang negara 15 triliunan dolar.
XS
SM
MD
LG