Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS akan Voting Tindakan terhadap Suriah


Senat AS diperkirakan akan melakukan pemungutan suara terkait RUU untuk mengesahkan tindakan militer AS ke Suriah, Rabu, 4 September 2013 (Foto: dok).

Senat AS diperkirakan akan melakukan pemungutan suara terkait RUU untuk mengesahkan tindakan militer AS ke Suriah, Rabu, 4 September 2013 (Foto: dok).

Sebuah komisi Senat Amerika diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara terkait sebuah rancangan yang mengesahkan tindakan militer AS di Suriah secepatnya hari Rabu (4/9).

Para pemimpin Komisi Hubungan Luar Negeri, Selasa malam (3/9) menyepakati rincian rencana yang hendak memberi kepada Presiden Barack Obama wewenang untuk memerintahkan serangan terbatas terhadap sarana militer Suriah selama 60 hari. Ia dapat memperpanjang serangan itu 30 hari lagi dengan persyaratan tertentu.

Resolusi tersebut tidak akan mengesahkan penggunaan pasukan darat. Resolusi itu menyatakan tindakan militer harus ditujukan untuk mencegah Suriah melakukan serangan senjata kimia di masa depan.

Rancangan tersebut juga hendak mengharuskan Obama mengajukan strategi untuk mewujutkan penyelesaian politik terhadap krisis Suriah.

Pengesahan itu harus disetujui komisi dan memperoleh persetujuan sidang paripurna Senat dan DPR sebelum mulai diberlakukan.

John Boehner dan Nancy Pelosi, pemimpin Republik dan Demokrat dalam DPR, mengutarakan dukungan mereka pada rencana presiden itu hari Selasa. Anggota lainnya di Kongres masih ragu-ragu menyetujui tindakan militer.

Obama juga sedang berusaha memperoleh dukungan internasional untuk melakukan tindakan militer. Setelah kunjungan di Swedia hari Rabu (4/9), ia akan bergabung dengan para pemimpin G20 nanti pekan ini untuk menghadiri pertemuan puncak di St. Petersburg, Rusia. Suriah diperkirakan akan mendominasi pokok pembicaraan.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Amerika harus mengajukan bukti yang “meyakinkan” kepada PBB bahwa Suriah menggunakan senjata kimia.
XS
SM
MD
LG