Tautan-tautan Akses

Sekutu PM Georgia Diperkirakan Menang Pilpres


Kandidat Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili (kiri) dan PM Georgia, Bidzina Ivanishvili (foto; dok). Giorgi Margvelashvili diperkirakan meraih 67% suara dalam Pilpres.

Kandidat Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili (kiri) dan PM Georgia, Bidzina Ivanishvili (foto; dok). Giorgi Margvelashvili diperkirakan meraih 67% suara dalam Pilpres.

Kandidat Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili, dari koalisi partai PM Ivanishvili diperkirakan akan memperoleh 67 persen suara pemilu hari Minggu (27/10).

Exit poll atau jajak pendapat di luar TPS pemilu presiden Georgia menunjukkan sekutu Perdana Menteri yang sekarang Bidzina Ivanishvili tampaknya akan memenangkan putaran pertama.

Jajak pendapat itu menunjukkan Giorgi Margvelashvili, dari koalisi partai Ivanishvili mungkin memperoleh 67% suara pemilu hari Minggu.

Jajak pendapat di luar TPS itu hanya memberi lawan terdekatnya, bekas ketua DPR David Bakradze, dari parta Gerakan Persatuan Nasional, Presiden Mikheil Saakashvili 20% suara.

Koalisi Ivanishvili mengalahkan partai presiden Saakashvili pada pemilu parlemen tahun lalu. Perdana menteri Ivanishvili mengatakan ia akan mundur bulan depan dan mencalonkan seorang perdana menteri baru yang berdasarkan sistim parlemen baru Georgia akan memegang sebagian besar kekuasaan yang sebelumnya dipegang presiden.

Saakashvili telah menjadi presiden Georgia selama 10 tahun. Konstitusi negara melarangnya mencalonkan diri untuk masa jabatan ke tiga. Ia meraih kekuasaan dalam pergolakan yang memaksa presiden Eduard Shevardnadze mundur tahun 2004.

Masa kekuasaan Saakashvilli yang pro barat mencakup reformasi ekonomi dan upaya-upaya untuk memerangi korupsi juga perang singkat melawan Russia dan tuduhan-tuduhan pelanggaran HAM.
XS
SM
MD
LG