Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Akhiri Wabah AIDS dalam 10 Tahun


Sekjen PBB Ban Ki-moon memberikan sambutan dalam pembukaan KTT PBB membahas soal AIDS di New York (8/6).

Sekjen PBB Ban Ki-moon memberikan sambutan dalam pembukaan KTT PBB membahas soal AIDS di New York (8/6).

Ban Ki-Moon mengemukakan hal itu hari Rabu dalam pembukaan konferensi tingkat tinggi PBB tentang tanggapan terhadap AIDS global.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon telah menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil langkah berani mengakhiri wabah AIDS dalam 10 tahun. Ban Ki-Moon mengemukakan hal itu hari Rabu dalam pembukaan konferensi tingkat tinggi PBB tentang tanggapan terhadap AIDS global.

Ban Ki-Moon menghimbau semua mitra dunia bersama-sama menyediakan akses universal bagi pencegahan, pengobatan dan perawatan HIV – virus penyebab AIDS, selambat-lambatnya pada 2015. Ia mengatakan masyarakat internasional juga harus menurunkan biaya dan menyediakan program-program yang lebih baik, berkomitmen pada akuntabilitas, mendukung hak-hak perempuan dan menggunakan kekuatan kaum muda, serta teknologi komunikasi yang baru untuk memicu revolusi pencegahan.

Ban Ki-Moon mengatakan jika dilakukan langkah-langkah ini, masyarakat internasional akan mencapai dunia yang bebas penyakit tersebut.

Direktur Eksekutif UNAIDS, Michel Sidibe memberitahu para kepala negara dan pemimpin lainnya yang hadir dalam konferensi tiga hari itu, bahwa tujuan pertemuan adalah tidak adanya infeksi baru, diskriminasi dan kematian terkait AIDS.

Secara keseluruhan Sidibe mengatakan sekarang ini 56 negara –36 diantaranya dari Afrika – yang telah menstabilkan wabah AIDS dan mengurangi secara signifikan jumlah infeksi baru.

Tetapi ia mengatakan sementara 6,6 juta orang memperoleh pengobatan di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah, sementara 9 juta lainnya masih menunggu pengobatan.

XS
SM
MD
LG