Tautan-tautan Akses

UNAIDS: Tingkat Penularan baru HIV Turun


Kepala UNAIDS, Michel Sidibe

Kepala UNAIDS, Michel Sidibe

Kepala badan urusan AIDS PBB, Michel Sidibe, mengatakan akses ke pengobatan akan mengubah tanggapan terhadap AIDS.

PBB mengatakan semakin banyak orang di seluruh dunia memperoleh akses pada obat HIV-AIDS, dan bahwa tingkat penularan baru menurun.

Dalam laporan yang dirilis hari Jumat, UNAIDS mengatakan 1,4 juta orang memulai pengobatan itu tahun lalu. Kepala UNAIDS, Michel Sidibe, mengatakan akses ke pengobatan akan mengubah tanggapan terhadap AIDS dalam 10 tahun mendatang.

Dalam laporan itu, yang menandai 30 tahun sejak kasus pertama HIV-AIDS muncul, PBB memperkirakan 34 juta orang mengidap HIV pada akhir tahun 2010, naik sekitar 700 ribu dari tahun 2009.

Dikatakan, tingkat infeksi di dunia turun hampir seperempat antara tahun 2001 dan 2009. Penurunan cukup besar terjadi di dua negara yang paling parah terkena HIV/AIDS, yaitu India dengan penurunan 50 persen dan Afrika Selatan dengan penurunan lebih dari 35 persen.

Namun, laporan itu menyebutkan, masih ada “kesenjangan besar dalam pengobatan". Dikatakan, sembilan juta orang, yang berhak mendapat pengobatan pada akhir tahun lalu, tidak memperoleh akses ke terapi retroviral tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan, walau persentase infeksi baru menurun secara global, jumlah infeksi secara menyeluruh masih tinggi, sekitar 7.000 infeksi baru per hari.

XS
SM
MD
LG