Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Minta Pantai Gading Langsungkan Rekonsiliasi


Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon

Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon

Sekjen PBB menyampaikan kepada Presiden terpilih Alassane Outtara perlunya memastikan tidak ada tindak balasan terhadap para pendukung Gbagbo.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon meminta kepada Pantai Gading agar memanfaatkan kesempatan bersejarah setelah penangkapan mantan pemimpin Laurent Gbagbo, untuk melaksanakan rekonsiliasi nasional.

Ban berbicara dengan Presiden terpilih Alassane Ouattara, Senin, dan menekankan perlunya untuk memastikan tidak ada tindak balasan terhadap para pendukung Gbagbo. PBB mengatakan akan terus melindungi warga sipil dan membantu mendukung pemerintah dalam menegakkan kembali tertib hukum.

Ban juga mengatakan krisis tersebut tadinya dapat dihindarkan sekiranya Gbagbo menghormati kemauan rakyat pada awalnya. Presiden Amerika Barack Obama menyebut penangkapan Gbagbo sebagai kemenangan aspirasi demokratis rakyat Pantai Gading.

Obama mengataka, Senin, bahwa rakyat Pantai Gading kini mempunyai peluang untuk memperoleh kembali negara mereka dan membangun kembali perekonomiannya.

XS
SM
MD
LG