Tautan-tautan Akses

Pasukan PBB dan Perancis Serang Kediaman Gbagbo di Pantai Gading


Tank-tank pasukan PBB di jalanan kota Abidjan, Pantai Gading.

Tank-tank pasukan PBB di jalanan kota Abidjan, Pantai Gading.

Para saksi mata mengatakan mereka melihat asap mengepul dari lokasi setelah tiga serangan terpisah ke kompleks presiden.

Pasukan PBB dan Perancis meluncurkan serangan helikopter ke kediaman presiden Pantai Gading yang masih bertahan, Laurent Gbagbo.

Para saksi mata mengatakan mereka melihat asap mengepul dari wilayah tersebut setelah tiga serangan terpisah ke kompleks presiden pada hari Minggu. Diyakini bahwa Gbagbo bersembunyi di bawah tanah di kompleks itu. Gbabgo menolak untuk mengakui kekalahan setelah kalah dalam pemilu bulan November lalu dari saingannya, Alassane Ouattara.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan serangan helikopter PBB dan Perancis ditujukan untuk menghentikan pasukan pendukung Gbagbo menggunakan senjata berat terhadap warga sipil dan pasukan penjaga perdamaian PBB. Ban menambahkan ia sangat prihatin tentang situasi kemanusiaan di Pantai Gading dan pelanggaran HAM. Ia mengatakan mengatakan pertempuran harus berhenti dan Gbagbo harus mundur dengan segera, karena bila tidak, warga sipil akan harus menanggung beban kekerasan.

XS
SM
MD
LG