Tautan-tautan Akses

Sejumlah Pakar akan Bahas Nuklir Iran di New York


Inspektur nuklir IAEA saat mengunjungi fasilitas nuklir Iran di Natanz (foto: dok).

Inspektur nuklir IAEA saat mengunjungi fasilitas nuklir Iran di Natanz (foto: dok).

Sejumlah pakar nuklir dari Iran dan enam negara berpengaruh minggu ini akan bertemu di New York.

Sejumlah pakar nuklir dari Iran dan enam negara berpengaruh minggu ini akan bertemu di New York di tengah menguatnya harapan akan tercapai kesepakatan untuk mengekang kemampuan Iran dalam produksi senjata nuklir.

Isu-isu paling serius masih harus dirundingkan dan kesepakatan apapun masih mungkin gagal sebelum tenggat 20 Juli.

Tetapi Rusia, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan pakar-pakar independen yang memantau perundingan itu sependapat bahwa Iran bekerjasama dengan baik dan menjawab berbagai pertanyaan yang sebelumnya mereka hindari. Mereka mengatakan Iran ingin mencapai kesepakatan guna mengakhiri berbagai sanksi ekonomi atas negara itu.

Harapan akan tercapainya kesepakatan menguat menyusul jadwal tim inspektur nuklir internasional untuk mengunjungi dua fasilitas di Iran.

Kantor berita Iran IRNA mengutip Behrouz Kamalvandi – juru bicara departemen urusan atom Iran – yang mengatakan para inspektur itu akan mengunjungi sebuah tambang uranium dan fasilitas pengayaan uranium di kota Ardakan dan Yazd hari Senin dan Selasa.

Iran berkeras program nuklirnya bertujuan damai untuk menghasilkan energi nuklir, tetapi Amerika dan para sekutunya di Barat serta Israel curiga tujuan Iran sebenarnya adalah membuat senjata nuklir.

Pertemuan para pakar itu di New York digelar di sela-sela konferensi ketiga dan keempat menjelang kajian Traktat Non-Proliferasi Nuklir 1970 tahun depan.
XS
SM
MD
LG